Menteri PANRB akan Resmikan Smile Police dan Si Poltak

By Admin

nusakini.com-- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi berkomitmen terus mendorong peningkatan pelayanan publik baik yang di instansi pusat maupun daerah. Tak terkecuali pelayanan publik yang dilakukan Kepolisian. 

Sabtu (04/02) esok, Menteri PANRB Asman Abnur akan menghadiri launching aplikasi Smile Police milik Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah di Semarang. Dalam aplikasi ini terdapat beberapa berbagai layanan seperti Panic Button, E-complain, SKCK online, hingga E-SIM yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya di wilayah Jawa Tengah. 

Fitur yang disediakan pada aplikasi berbasis smart phone tersebut tidak jauh berbeda dengan aplikasi Sistem Pelaynan Online Terpadu atau Si Poltak milik Kepolisian Daerah Sumatera Utara, yang akan diresmikan Menteri Asman, Minggu (05/02). 

Dijadwalkan, Menteri Asman yang didampingi Deputi Pelayanan Publik Diah Natalisa akan hadir dalam launching pelayanan kepolisian di dua daerah tersebut. Dalam berbagai kesempatan Menteri Asman selalu menekankan betapa pentingnya pelayanan publik yang baik bagi masyarakat. 

Dikatakannya sebagai penyelenggara layanan, setiap aparatur harus memberikan yang terbaik agar masyarakat merasa bahwa pemerintah hadir ditengah masyarakat. Menteri Asman pun seringkali meminta agar pelayanan publik berbasis IT guna memberikan kemudahan bagi warga yang membutuhkan dan mencegah pungli. (p/ab)